10 Franchise Minuman Kekinian Terlaris & Terhits

DSC08909-1536x864-1

Apakah Anda berencana untuk memulai bisnis franchise?

Join bisnis franchise minuman yang sedang viral saat ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan penghasil uang Anda! Selain itu, saat ini sudah banyak tersedia paket franchise minuman, jadi Anda tinggal menyiapkan modal dan memilih jenis franchise minuman terbaik.

Di antara sekian banyak merek minuman di Indonesia, beberapa telah sukses menjadi raksasa industri bisnis minuman mengikuti tren yang terus berkembang. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk bergabung bisnis ini, kami telah menyediakan daftar peluang bisnis franchise minuman terpopuler yang salah satunya mungkin ingin Anda pilih.

Tapi, sebelum membahas lebih jauh terkait bisnis franchise, kita pahami terlebih dahulu arti dari franchise itu sendiri.

Apa itu Franchise?

Franchise adalah hubungan di mana salah satu pihak memiliki kewenangan untuk menggunakan Hak dari Kekayaan Intelektual (HAKI) dari bisnis yang dimiliki oleh pihak lain dengan imbalan pembayaran yang ditentukan oleh syarat-syarat yang ditetapkan oleh pihak lain, pihak dalam rangka menawarkan atau menjual barang dan jasa.

Franchise juga dikenal sebagai waralaba di Indonesia. Ada banyak jenis waralaba di Indonesia, termasuk layanan pengiriman dan waralaba makanan. Itulah pengertian franchise yang dikutip dari laman wikipedia.

Franchise Minuman Terlaris yang Direkomendasikan di Tahun 2023.

Tren kuliner yang terlihat di masyarakat Indonesia akhir-akhir ini adalah minuman hits kekinian yang modern. Mulai dari minuman yang terbuat dari gula merah dan gula aren, es kopi susu, teh Thailand, teh keju, teh susu boba, dll. Sebagian besar bisnis franchise saat ini umumnya menjual jenis minuman yang sedang laris dipasaran tersebut. Nah, berikut daftar beberapa brand ternama dan terhits yang kami rekomendasikan untuk Anda.

#1. Franchise Janji Jiwa

Harus diakui bahwa es kopi susu yang diproduksi oleh Janji Jiwa memiliki cita rasa yang unik dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk selera orang Indonesia. Janji Jiwa yang didirikan pada tahun 2018 dan memiliki 800 lokasi di seluruh Indonesia, sukses berkat harga minuman yang ditawarkan cukup murah.

Bagi yang mau menjalin bisnis, Anda perlu menyetorkan modal awal hingga Rp 115 juta jika tertarik dengan franchise minuman Janji Jiwa. Ada juga persyaratan khusus terhadap booth dan gerai yang digunakan harus memenuhi standar yang ditetapkan janji jiwa, modal ini mungkin cukup mahal. Diperkirakan dibutuhkan modal Rp30 juta untuk mendesain toko dan stan dengan biaya sendiri. Namun, rasanya akan sepadan dengan untung yang akan didapatkan.


#2. Franchise Kopi Kulo

Salah satu brand teratas di tahun 2020 adalah minuman kopi Kulo. Mereka berhasil mengubah penggemarnya menjadi pengikut setia berkat branding media sosial dan produk unggulan yang khas. Hingga akhir tahun 2020, brand milik Grup Kulo ini telah beroperasi di lebih dari 400 lokasi.

Alih-alih fokus pada menu kopi susu sebagai andalan, franchise ini juga menjual alpukat yang menjadi item terlarisnya. Pada jus alpukat, tersaji minuman berbasis espresso yang telah dicampur dengan es krim untuk membuat affogato.

Paket usaha yang tersedia bagi anda yang berminat memulai usaha minuman ini harganya 135 juta rupiah. Biaya renovasi dan bahan baku tidak termasuk dalam hal ini. Namun, agar renovasi lebih terjangkau, Anda bisa menggunakan kontraktor swasta atau bahkan membangunnya sendiri.


#3. Franchise Kopi Lain Hati

Pemilik franchise minuman Kopi Lain Hati yang berjumlah 500 unit ini adalah artis Ririn Ekawati. Kopi modern ini memiliki beberapa ciri khas, salah satunya adalah ide nyeleneh di balik produk yang dijual.

Menu Kopi Lain Hati menggunakan nama yang terkait dengan ikatan anak muda. Seperti, es Kopi Lain Hati, es kopi Gemas, es kopi Valakor, es kopi Ketus, es kopi Cemburu, es Sakit Hati, es susu Kenyal, es Lekat, es Cuek.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, Kopi Lain Hati menyediakan paket kemitraan. Paket yang ditawarkan memiliki biaya awal Rp 75 juta dan pembayaran royalti keuntungan bulanan Rp 1,5 juta.


#4. Franchise Street Boba

Street Boba yang dijalankan oleh Nikmat Group dan terkenal dengan cita rasa yang enak dan harga yang terjangkau, sehingga mendapat perhatian khusus oleh masyarakat. Boba di toko ini juga bervarian, menjadikannya nilai daya tarik. Biaya franchise Street Boba, sebesar Rp 200 juta ditambah 5% management fee, termasuk cukup tinggi. Biaya paket ini sudah termasuk lisensi 3 tahun, materi iklan, desain toko, sistem POS kasir, pelatihan, dan manual SOP.

Masih ada beberapa yang belum disebutkan di atas, seperti matras, bahan baku, sewa dan konstruksi, jasa desain interior, perlengkapan toko, dan sistem SOP. Terlepas dari biaya franchisenya yang cukup tinggi, tapi worth it lho! Karena pemilik gerai biasanya akan balik modal hanya dalam 4-5 bulan.


#5. Franchise Xie Xie Boba

Minuman boba lain yang harganya kurang dari Rp 15.000 adalah Xie Xie Boba. Biaya untuk membeli franchise cukup masuk akal, harganya yaitu mulai dari Rp 8.9 juta dan keuntungan dibagikan kepada mitra secara penuh 100%.

Harga sudah termasuk magic com, porong, timbangan, gelas ukur, gelas ukur 1 liter, boba scoop, tempat merica, torch, sendok takar, sendok stainless, botol, termos es, es batu sekop kubus, saringan teh, gelas stainless, dan bubuk kotak. Harga bahan baku saat ini Rp 7.500 per cup. Cukup di kali kan jumlah yang ingin Anda beli. Nah, untuk fasilitas sewa tidak termasuk dalam harga ini ya!.


#6. Franchise Haus

Franchise Haus minuman teh Thailand pertama kali memulai debutnya pada tahun 2018. Tahun itu popularitas teh Thailand memudar setelah diperkenalkannya berbagai produk kopi susu modern. Siapa sangka minuman yang satu ini justru menjadi angin segar bagi para konsumen minuman non-kafein.

Gufron Syarif dan 3 temannya memulai usaha ini, yang dijalankan di bawah arahan PT Inspirasi Bisnis Nusantara. Kampus Binus di Jakarta Barat menjadi lokasi pertama Haus. Di Indonesia, hingga tahun 2020 telah terdapat 113 lokasi Haus yang mayoritas berada di wilayah Jabodetabek.

Ferry, salah seorang pemilik, menjelaskan bahwa rasa haus merupakan hal yang biasa terjadi. Mereka tidak mencoba untuk dikenal sebagai merek minuman. Hal ini terlihat dari menu-menu yang disajikan seperti Thai tea, jus, dan es kopi.

Sebelum tahun 2020, Haus menerapkan konsep franchise seharga Rp. 200 juta. Untuk harga ini, para mitra akan membeli berbagai jenis perlengkapan. Mulai dari perbaikan tempat, lisensi 5 tahun, paket alat kemitraan standar, pelatihan karyawan, sistem penjualan, dan bahan baku.

Namun, berdasarkan laman haus.co.id! Peluang bisnis franchise Haus, saat ini sudah tidak membuka pengajuan kemitraan.


#7. Franchise Jelly Potter

Perusahaan minuman es Jelly Potter beroperasi dengan model franchise. Di kawasan Pademangan Timur Jakarta Utara, brand ini sudah berdiri di tahun 2018. Jaringan Jelly Potter memiliki lebih dari 2000 lokasi di Indonesia per tahun 2020. Jelly Potter, berbeda dengan kebanyakan waralaba, tidak fokus pada pasar menengah ke atas.

Pasar yang lebih rendah, yang cenderung menyukai barang-barang yang terjangkau, adalah target khusus dari merek Jelly Potter. Jadi, jika penyiapan dan alatnya sederhana, jangan heran. Meski sederhana dan terjangkau, bukan berarti barang yang dijual murahan. Hal ini terlihat dari bahan baku pilihan dan impor berkualitas tinggi yang digunakan untuk membuat minuman; tidak ada pemanis buatan maupun pengawet.

Persyaratan untuk bergabung dengan franchise Jelly Potter tidak terlalu berat. Anda hanya perlu menyiapkan lokasi penjualan sebelum mengajukan kemitraan dengan manajemen Jelly Potter. Biaya dan harga franchise minuman Jelly Potter membutuhkan modal minimal Rp 21 juta, ada juga paket tanpa booth dengan biaya Rp 17 juta.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap dengan troli, peralatan brewing, tambahan powder pack, alat peraga seperti topi dan celemek. Sudah termasuk materi promosi untuk menu cetak dan iklan banner.

Sewa tempat, biaya operasional, dan gaji tidak ditanggung oleh dana ini. Jadi, Anda membutuhkan total biaya sekitar Rp 40 juta.


#8. Franchise Es.Teh Indonesia

Es Teh Indonesia adalah merek minuman populer dan terkenal lainnya. Perusahaan minuman yang dikenal dengan nama Es Teh Indonesia ini sebelumnya dimiliki oleh seorang pengusaha bernama Haidhar Wurjanto hingga kemudian diakuisisi oleh Nagita Slavina istri dari Raffi Ahmad artis papan atas yang sering dijuluki sultan Andara.

Haidhar mengklaim, saat pertama kali mendirikan perusahaan Es Teh Indonesia, ia tidak serta merta menyertakan paket kemitraan atau waralaba. Pada tahun 2019, barulah paket waralaba Es Teh Indonesia akhirnya tersedia, dan pada saat itu terdapat sekitar 250 lokasi Es Teh Indonesia di seluruh Indonesia.

Jika ingin bermitra, Anda perlu memiliki modal awal sekitar Rp 120 juta untuk memulai bisnis franchise Es Teh Indonesia. Anda akan menerima perlengkapan, bahan pakaian, dan biaya waralaba jika Anda memilih paket kemitraan ini.

Paket kemitraan lengkap kedua tersedia jika Anda menginginkan lebih banyak fasilitas. Seperti sewa, desain interior, dan renovasi ruangan sudah termasuk dalam paket kedua ini. Anda juga harus menyiapkan modal awal sekitar Rp 200 juta hingga Rp 250 juta untuk paket kedua.

Dengan pendanaan modal awal tersebut, Anda mampu menghasilkan omzet harian sekitar Rp 5 juta


#9. Franchise Mixue Ice Cream

Bisnis franchise ini sukses menarik banyak pelanggan, beberapa tokonya selalu penuh dengan antrian panjang. Banyak masyarakat yang datang untuk membeli es krim karena harganya yang cukup terjangkau dan pilihan rasa yang beragam.

Mixue didirikan di distrik Zhengzhou Provinsi Henan, pada tahun 1997 oleh Zhang Hongchao. Dalam 25 tahun, Mixue, yang dimulai sebagai toko kecil di pinggir jalan, berhasil menyebar hampir semua jalan sibuk di Asia, termasuk Malaysia dan Indonesia.

Mixue hadir sebagai pembeda karena toko es krim biasanya berada di mal dengan pangsa pasar menengah ke atas. Toko es krim ini terletak di toko pinggir jalan dengan harga terjangkau dan interior toko yang sangat kekinian. 

Alhasil, Mixue Ice Cream tersedia sebagai camilan dingin dan manis bagi para pekerja, pelajar, dan orang lain yang tidak peduli dengan fashion atau status.

Hingga saat ini, Mixue memiliki ratusan lokasi di seluruh Indonesia, meski baru memasuki pasar pada tahun 2020. Gerai mixue selalu ramai pelanggan.

Minat join! Siapkan modal awal Rp 700 juta hingga Rp 800 juta jika Anda tertarik untuk memulai waralaba Mixue Ice Cream. Biaya investasi awal hingga pembukaan toko sudah termasuk dalam modal awal. Mitra yang ingin join harus memastikan lokasi operasional yang sesuai untuk lokasi Mixue di masa mendatang. Dengan omzet yang cukup tinggi, diperkirakan mitra dapat balik modal dalam waktu 12-18 bulan.


#10. Franchise Es Krim Indonesia

Kehadiran brand es.krim indonesia disambut masyarakat dengan antusias. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang rela antri untuk menikmati produk es.krim Indonesia.

Es.krim indonesia mengawali eksistensinya pada tahun 2022, dengan membuka kios es krim kecil yang dijalankan oleh teman-teman satu frekuensi yang sangat menyukai es krim! Ketika memulai petualangan dengan membuat brand es krim sendiri, es.krim indonesia ingin melakukan sesuatu yang berbeda dari semua produk es krim lainnya yang sudah ada.

Karena di beberapa kota besar pada umumnya sudah memiliki beberapa toko soft ice cream, sehingga es.krim indonesia mengambil keputusan untuk membuat kreasi sajian es krim lembut yang khas sebagai fondasi brand.

Beberapa menu yang disajikan sangat bervariasi mulai dari soft ice cream, Sundaes, Smoothies, Milkshakes, Classic Series, The Originals dan menu recommended seperti chocoholic, brown sugar boba, choconuts, mango smash dan vanila. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau mulai dari Rp 4 ribu, sudah dapat menikmati es mini vanila. Sedangkan menu pamungkas harganya Rp16 ribu dan Rp17 ribuan.

Es.krim Indonesia memiliki misi menjaga dan mengembangkan brand serta produk, dengan membuka cabang di seluruh kota di Indonesia dan menjadi brand lokal berstandar Internasional. Untuk mewujudkannya, es.krim indonesia menawarkan sistem bisnis franchise. Dimana, pelaku usaha dapat menjadi mitra bisnis bersama es.krim indonesia.

Besaran kebutuhan modal yang harus dikeluarkan untuk paket kemitraan ini sebesar Rp 300 juta, sudah include bahan baku senilai Rp 35 juta dan biaya renovasi outlet hingga Rp 85 juta. Estimasi, dalam 4 bulan sudah balik modal!


Itulah list rekomendasi franchise minuman terhits. Lalu, brand mana yang ingin Anda ajak bermitra?

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

10-Daftar-Merek-Es-Krim-Terpopuler-di-Indonesia
10 Daftar Merek Es Krim Populer di Indonesia
DSC08909-1536x864-1
10 Franchise Minuman Kekinian Terlaris & Terhits
minuman-segar-nata-de-coco-1
Ide Kreasi Minuman Segar Kekinian Berbahan Nata De Coco
ide usaha minuman kekinian paling laris terjual
10 Ide Usaha Es Kekinian Paling Laris Terjual
Franchise-Mixue-3
Franchise Mixue
Franchise-Mixue-Harga-2
Franchise Mixue Harga dan Syaratnya Ternyata Mudah
On Key

Related Posts